Problem tanggung jawab hukum rumah sakit terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan, merupakan diskursus yang senantiasa menarik untuk dikaji secara mendalam. Dasar dan argumentasi filosofis pelaksanaan pelayanan kesehatan oleh rumah sakit terhadap pasien bertitik tolak pada pelaksanaan kewajiban rumah sakit untuk memenuhi hak-hak pasien dalam pelayanan kesehatan, pelaksanaan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi, Standar pelayanan medis (Standar Operasional Prosedur (SOP), standar sarana-prasarana dan standar etika profesi) dan pelaksanaan tanggung jawab hukum atas kesalahan atau kelalaian dokter atau pihak rumah sakit yang menyebabkan terjadinya kerugian,cacat atau meninggalnya pasien.
Tanggung jawab hukum Rumah Sakit terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan, masih sering ditemukan belum berjalan dengan optimal. Sehingga, kasus-kasus tuntutan malpraktek terhadap dokter atau pihak rumah sakit setiap saat muncul dipermukaan. Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, penulis hendak mengupas secara ilmiah dalam buku ini, beberapa poin kunci tentang pelayanan kesehatan terhadap pasien di rumah sakit, yaitu antara lain: bagaimana tanggung jawab rumah sakit terhadap pelaksanaan hak-hak pasien dalam pelayanan kesehatan? Bagaimana penerapan sanksi hukum atas pelayanan kesehatan di rumah sakit yang tidak sesuai dengan SOP? Serta, bagaimana pelaksanaan tanggung jawab rumah sakit yang ideal terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan?
Download
Posting Komentar